Rabu, 07 September 2011

Tahun Baru, Dapur Pun Baru

Kalau diperturutkan, ada saja keinginan kita untuk merubah tampilan rumah agar lebih betah dan tenang ditinggali di awal tahun 2010 ini. Sekiranya Anda sudah menata rumah belum lama ini, seperti mendandani bagian eksterior rumah dan terlebih lagi ruang tamu, kini tidak ada salahnya giliran Anda membenahi bagian yang cukup penting, yakni dapur!

Dapur biasanya terletak di belakang atau tidak jauh dari garasi membuat dapur sering tak perlu direnovasi. Padahal dapur yang nyaman dan bersih, Anda pun akan senang dan bersemangat baik di hari libur maupun saat berkumpul bersama keluarga.

Suasana Dapur Yang Asri
Idealnya, model dapur diciptakan senada dengan interior rumah lainnya dan yang pastikan juga sesuai dengan karakter dan kepribadian dari penghuni seisi rumah itu sendiri.

Menata dapur menjadi nyaman dan asri memang tidak semudah yang dibayangkan. Biaya yang besar yang harus dikeluarkan pun sangat tergantung dari design dan penggunaan material yang ditampilkan. Namun, bukan berarti harus menguras dompet Anda hingga dalam. Biaya yang hemat, bisa diakali asalkan Anda tahu bagaimana caranya.

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan kebutuhan ruang dengan kondisi dapur yang akan di-design ulang, agar dapat mencakupi semua kegiatan dan perlengkapan dapur dan kebutuhan lainnya.

Tahap kedua adalah pilih lah bahan material yang tahan terhadap api dan sumber panas untuk alat-alat di sekitar kompor dan oven. Bahan material tersebut bisa seperti marmer, keramik, granit, stainless steel dan semisal dengannya. Bila budget Anda terbatas, Anda bisa bereksperimen dengan memakai pecahan keramik dengan beragam warna. Hasil yang ditimbulkan lebih unik dan memiliki nilai seni.

Seandainya dapur Anda saat ini masih terlihat bagus, Anda hanya perlu mengganti suasana dapur dengan menata ulang lay out perabotnya. pemberian warna baru juga dapat memberi suasana baru pada perabot tersebut. Pengecatan ulang yang dinding dan langit-langit dapur turut serta memberikan nuansa yang berbeda. Dengan demikian, Anda lebih bisa berhemat dibandingkan bila harus membeli perabot dapur.

Terakhir, usahakan agar suasana dapur memperoleh cahaya langsung matahari. Sebagaimana kita ketahui bahwa sinar matahari dapat membunuh berbagai bakteri. Tikus dan kecoa juga tidak suka daerah yang terkena sinar matahari. Jangan lupa untuk mengecek kondisi ventilasi di dapur agar terhindar dari hal-hal yang tidak terduga seperti keracunan gas-gas, asap dan bahan kimia lainnya. Dan bila kondisi dapur tidak memungkin untuk itu, sehingga udara dapur lebih pengab serta tidak memungkinkan untuk menempatkan ventilasi di sana, maka jalan terakhir adalah dengan menggunakan cooker hood atau extractor fan sebagai media untuk mengalirkan udara ke dan dari luar rumah.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar